Selasa, 07 Oktober 2014

Penyakit Berbahaya Yang Ditimbulkan Nyamuk

Penyakit Berbahaya Yang Ditimbulkan Nyamuk


Nyamuk adalah serangga kecil penghisap darah. Mendengar makanannya, nyamuk terdengar menyeramkan. Padahal hewan-hewan kecil ini berkeliaran di sekitar kita. Tapi memang, nyamuk sesungguhnya menyeramkan, seseram makanannya. Inilah penyakit-penyakit berbahaya yang dibawa oleh nyamuk.

Malaria
Penyakit malaria merupakan penyakit yang menginfeksi darah, sehingga tubuh mengalami demam panas tinggi dan kedinginan. Malaria disebabkan oleh parasit (plasmodium) yang ditularkan nyamuk. Nyamuk penyebar malaria biasanya menggigit pada malam hari. Setiap tahunnya orang meninggal akibat penyakit malaria mencapai jutaan orang. Dan beberapa juta lainnya masih hidup dengan menyimpan penyakit atau parasit malaria ini di dalam tubuhnya.

Malaria ada beberapa jenis, namun jenis yang paling berbahaya adalah malaria otak. Ya, malaria dapat menyerang otak. Malaria otak sangat keras, ia dapat menyebabkan kematian pada penderitanya dalam 1 hingga 2 hari setelah terinfeksi. Selain malaria otak, malaria jenis lainnya juga cukup berbahaya. Khususnya untuk anak-anak balita, ibu hamil, serta penderita HIV/AIDS. Malaria yang menyerang wanita hamil dapat menjadikan wanita tersebut mengalami anemia sehingga akan memperbesar resiko kematian, keguguran, bayi terlalu kecil, serta kematian pada bayi.

Demam Berdarah
Demam Berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Demam berdarah menyabar karena ditularkan oleh nyamuk. Jenis nyamuk penyebar demam berdarah ini memiliki ciri-ciri berwarna hitam, memiliki bintik-bintik putih, serta kakinya bergaris-garis putih. Demam berdarah paling banyak menyerang pada musim hujan, dimana udara panas dan banyak terdapat genangan air untuk berkembangbiaknya nyamuk.

Demam berdarah sangat membahayakan keselamatan jiwa. Demam berdarah menimbulkan sakit yang luar biasa pada tulang, kepala, serta tenggorokan. Tubuh terasa lemas dan demam tinggi disertai kedinginan. Demam berdarah harus segera mendapatkan pengobatan. Karena apabila terlambat mendapatkan pengobatan, demam berdarah dapat menimbulkan pendarahan kulit hingga kematian.

Kaki gajah
Penyakit kaki gajah adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing. Penyakit kaki gajah disebut juga dengan Filariasis. Penyakit ini jenis penyakit menular, yang mana penularannya dilakukan oleh nyamuk. Penyakit kaki gajah merupakan penyakit kronis yang bersifat menahun. Penderitanya akan mengalami cacat seumur hidup, yakni berupa kaki, lengan, hingga alat kelamin membesar. Sehingga penderita tidak mampu beraktivitas secara normal dan bergantung pada orang lain seterusnya. Sehingga kaki gajah harus sesegera mungkin diobati.

Penyakit Kuning
Penyakit Kuning adalah penyakit yang ditandai dengan demam, panas dingin, mengalami sakit yang sangat nyeri pada otot, sakit kepala, mual, muntah, nafsu makan hilang, serta denyut nadi melemah. Penyakit kuning ini ditularkan oleh nyamuk yang sama dengan penyebar demam berdarah, yakni nyamuk hitam dengan bintik-bintik putih serta kaki bergaris-garis. Nyamuk akan menginfeksi korban baru setelah menggigit penderita penyakit kuning. Penderita penyakit kuning yang parah dapat mengalami dada yanag nyeri, muntah, pendarahan mulut, hidung, mata, serta perut, hingga dapat berakibat pada kematian.

Chikungunya
Chikungunya adalah demam yang disebabkan oleh virus yang dapat berlangsung dari berhari-hari hingga berbulan-bulan. Chikungunya disebut juga sebagai penyakit lumpuh layu, karena penyakit ini akan melumpuhkan organ-organ gerak tubuh seperti persendian tangan, kaki, lutut, siku, dan lain-lain. Chikungunya dimulai dengan demam tinggi, menggigil, kepala sakit, mual, muntah, perut sakit,nyeri pada persendian dan otot, muncul bintik-bintik merah pada kulit. Chikungunya akan menimbulkan rasa yang sakit luar biasa pada tulang-tulang dan persendian, sehingga tak jarang penderitanya akan mengalami kehilangan kemampuan gerak.


Itulah beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk, atau pebih tepatnya ditularkan oleh nyamuk. Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan tempat tinggal kita, dan biasakanlah untuk hidup sehat. Pencegahan selalu lebih baik dibandingkan pengobatan. Menggunakan Moscatcher di dalam rumah sangat efektif untuk membunuh nyamuk dengan cara yang alami dan tidak menimbulkan efek samping. Moscatcher adalah sebuah alat perangkap nyamuk. Alat ini merupakan alat terbaru yang dikembangkan di abad ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar